Pages

Jumat, 23 November 2012

TIMNAS FUTSAL PUTRI

jepun2


Jelang pelaksanaan SEA Games XXVI mendatang, manajer timnas Futsal Indonesia putri, Vivin Sungkono mengaku kekurangan lawan sepadan untuk pertandingan uji coba untuk mengukur kekuatan skuadnya. Sejauh ini, timnas putri memang selalu menang di setiap laga uji coba yang dihelat, termasuk saat melawan tim Futsal putra.

Meski demikian, kurangnya lawan sepadan di tanah air untuk timnas Futsal putri memberikan kekhawatiran lain di jajaran manajemen timnas. Apalagi untuk berlaga di kancah Asia Tenggara, Maulina Novryliani dan kawan-kawan masih harus ditempa ujian mental untuk memupuk kekuatan tim saat bertemu lawan yang kuat seperti Thailand. Program training camp ke Jepang kemudian dipilih sebagai ajang mengasah kemampuan tim, serta menjajal mental bertanding lewat laga uji coba dengan beberapa tim Jepang.
“Saat ini kami sudah ada di Jepang untuk serangkaian laga uji coba. Saat pelatnas di tanah air, kami memang selalu menang di setiap pertandingan uji coba yang digelar. Ini yang membuat saya khawatir anak-anak over confident saat tampil di SEA Games nanti. Di Indonesia, timnas futsal nyaris tidak punya lawan sepadan. Karena itu kami mencoba klub-klub Jepang untuk mengasah kemampuan tim,” ujar Vivin Sungkono lewat email yang dikirim dari Jepang kepada VIVAnews, Senin, 24 Oktober 2011.
Kekhawatiran soal belum terujinya mentalitas tim lantaran belum menemukan lawan uji coba sepadan juga diakui pelatih tim, Viernes Ricardo Polnaya. Menurutnya, saat ini timnas Futsal putri belum cukup ditempa presure berarti, terutama untuk memperkuat mental saat tim kalah bertanding.
“Saya akui mental bertanding mereka belum siap seratus persen. Karenanya beberapa kali kami melakukan uji coba dengan tim Futsal putra. Ini sangat penting karena mereka harus terus diasah menguasai mental saat tertinggal angka. Karena belum tentu lawan yang akan dihadapi saat SEA Games sama kualitasnya dengan yang selama ini mereka lawan,” ujar Viernes.
Dalam SEA Games XXVI kali ini, timnas Futsal putri akan bertemu Vietnam, Myanmar, Thailand, dan Filipina. Seperti diketahui, cabang olahraga Futsal putri tahun ini hanya diikuti oleh lima negara termasuk Indonesia, menyusul mundurnya timnas Futsal putri Malaysia.
“Kami optimis bisa meraih medali emas. Meskipun, tetap kami harus mewaspadai Thailand sebagai lawan yang tidak bisa dianggap enteng. Kami berharap ada nilai lebih dengan melakukan uji coba ke Jepang. Setidaknya memperkuat mentalitas pemain meningkat saat mendapat presure di lapangan,” ujar Viernes.
Berikut nama-nama pemain timnas Futsal putri:
Deliana Fatmawati (Kiper)
Nunki Dwi Entitisari (kiper)
Fitri Rosdiana
Ira Marliantiarum
Maesaroh
Maya Muharinafahjriah
Novita Murnipiranti
Doris
Putri Primasari
Rani Mulyasari
Retno Ayu dewi
Tia Darti
Anggi Puspita sari
Maulina Novryliani (kapten)
Pelatih: Viernes Ricardo Polnaya

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger